Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Senin, 15 Agustus 2016

Assalamualaikum Wr.Wb
Pada kesempatan harini saya akan mengkonfigurasi DHCP server di Debian Server.



A. Pengertian
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP maka harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Jika DHCP dipasang pada jaringan lokal, maka semua komputer yang terhubung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS Server.

B. Latar Belakang
Hal yang melatar belakangi kegiatan ini adalah jika kita mempunyai banyak client, dan harus menyetting IP agar terhubung pastinya kita akan kerepotan, maka dari hal itu terciptalah DHCP server yang dapat memudahkan kita dalam melakukan konfigurasi IP agar kita tidak kerepotan jika kita mempunyai banyak client.

C. Maksud dan Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini yaitu kita dapat melakukan konfigurasi DHCP Server agar memudahkan kita dalam memberikan IP address kepada client.


D. Alat dan Bahan
  • PC / Laptop
  • PC Server yang terinstall debian
  • Akses Internet
E. Pelaksanaan Kegiatan
1. Langkah pertama dalam melakukan konfigurasi DHCP Server yaitu kita harus menginstall paket aplikasinya yaitu dengan perintah

#apt-get install isc-dhcp-server
Biasanya dalam proses installasi terdapat tulisan merah bertulis failed tetapi tidak masalah kemudian anda dapat mengkonfigurasi dan nanti dapat dijalankan dengan baik. Konfigurasi DHCP Server edit file “/etc/dhcp/dhcpd.conf” dengan perintah :
#nano /etc/dhcp/dhcpd.conf
Kemudian anda cari bagian kata dengan menekan ctrl+w lalu masukan “sli” tekan enter , seperti gambar dibawah ini.

 

 Kemudian anda edit bagian bawah nya hilangkan tanda # dan edit setiap bagian ip nya seperti gambar diatas , lalu simpan dan keluar tekan ctrl+x tekan y tekan enter ,
Lalu anda edit file di “/etc/default/isc-dhcp-server“ dengan perintah :
#nano /etc/default/isc-dhcp-server


 Setelah terbuka silahkan anda ke bagian paling akhir seperti gambar diatas pastikan pada bagian INTERFACES=”eth0” telah terisi eth yang di inginkan untuk menjadi DHCP servernya lalu simpan dan keluar dengan menekan ctrl+x tekan y tekan enter , setelah anda menyimpannya jalan kan service isc-dhcp-server dengan perintah :
#service isc-dhcp-server start


Sumber:Buku_konfigurasi_Debian_Server_BLC_Telkom

F. Referensi
Buku Debian Server Ver-BLC TELKOM

G. Hasil dan Kesimpulan 
Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu kita dapat melakukan konfigurasi DHCP Server dan dapat digunakan untuk membantu kita dalam memberikan ip address kepada client secara otomatis, jadi kita tidak perlu repot untuk melakukan konfigurasi ip di client

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © coirul 354 (BLC Telkom Klaten) - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -