Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Rabu, 10 Agustus 2016

Konfigurasi NTP Server

Assalamaualaikum wr.wb

Hai sobat,pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang bagaimana mengkonfigurasi NTP Server.
A.Pengertian

 NTP merupakan  kepanjangan dari Network Tihme Protocol adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk menyamakan  waktu dari setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dengan komputer server dalam jaringan tersebut, bisa pada jaringan LAN (Local Area Network) mapun pada jaringan Internet, NTP itu sendiri menggunkan jalur TCP/IP
B.Latar Belakang

Untuk meng-sinkronkan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat,melalui jaringan internet. Sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang mengsinkron-kan waktunya terhdap sumber waktu akurat, an mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.
C.Maksud & Tujuan
 FTp dapat berguna Untuk mensinkronkan waktu antara komputer yang satu dengan yang lain yang terdapat dalam satu  jaringan waktu dan jamnya bisa sama/sinkron . NTP server ini sangat berguna sekali apabila kita mengelola jaringan yang sangat ketat sekali dengan waktu. Misalnya ketika guru memberikan tugas kepada anak didiknya untuk mengumpulkan tugas lewat email dengan batas waktu jam 15.00 dan apabila pengumpulan tugas telat akan tertolak secara otomatis. Maka dari itu kita membutuhkan NTP untuk mensinkronkan jam/waktu kita agar semua dapat terorganisir dengan baik.
D. Alat dan Bahan.
- Jaringan Internet.
- Laptop.
E. Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan.

1.Sebelum kita konfigurasi,kita install NTP Server terlebih dahulu masukan perintah
                #apt-get install ntp ntpdate

2.Kemudian tekan Y untuk menyetujui proses instalasi FTP Server.
3.File untuk konfigurasi ntp-server yaitu file di “/etc/ntp.conf” , edit file dengan perintah :
                 #nano /etc/ntp.conf

4.Kemudian kita cari baris “server 0" dengan cara menekan ctrl+w lalu ketikan kata yang di cari kemudian anda tekan enter untuk menemukan kata tersebut kemudian anda berikan tanda # pada setiap server dari server 0 - 3 lalu tambahkan baris ini pada bagian terbawah dari ke-4 server tersebut tambahkan “ server 192.168.8.3". Seperti di bawah

Setelah itu anda cari baris “ restrict 192.168.137.0 mask 255.255.255.0 notrust” lalu hilangkan tanda # pagar nya kemudian ubah menjadi “restrict 192.168.123.0 mask255.255.255.0 nomodify notrap” seperti gambar dibawah ini: kemudian ctrl + x tekan y enter.


5. Setelah itu kita restart service ntp dengan perintah:
                 #/etc/init.d/ntp restart
 6.Kemudian anda cekntp-server local sudah bekerja dengan baik atau belum.Dengan perintah :” 
              #ntpq -p”.
 7. Lalu anda coba dengan mengetes terlebih dahulu melalui server debian langsung dengan perintah :
#ntpdate -u 127.0.0.1

 F. Referensi
  https://id.wikipedia.org/wiki/Nilai_tukar_petani
  Buku debian server versi blc telkom.

 G. Hasil dan Kesimpulan.
NTP server ini berfungsi untuk mensinkronkan waktu/jam agar komputer yang satu dengan yang lain dalam satu jaringan waktunya bisa sama serta mentransmisikan paket informasi waktu kepada client yang meminta.
 
Sekian yang dapat saya sharingkan untuk teman-teman semua bila ada kesalahan saya dalam penulisan saya mohon maaf dan bila ada yang kurang dimengerti silahkan coment.
Wassalamu'alaikum wr.wb.































Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © coirul 354 (BLC Telkom Klaten) - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -